Cara merawat gigi paling ampuh hindari gigi berlubang

Dalam struktur tubuh gigi merupakan salah satu organ penting manusia untuk memotong dan menghancurkan makanan sehingga dapat dicerna dan ditelan dengan baik. Gigi yang berlubang bisa mengganggu kenikmatan pada saat makan dan saat apapun. Oleh karenanya, anda perlu melakukan beberapa langkah perawatan gigi rutin untuk menghidari gigi berlubang.


Rasa sakit pada gigi seperti ketika menyikat gigi  atau ketika berada diudara yang dingin, mungkin itu terkena hipersenksitivitas dentin adalah nama lain dari gigi sensitive. Gigi sensitive merupakan permasalahan pada gigi yang berbeda dari kelainan gigi lainnya. Gigi sensitive bukanlah suatu penyakit melainkan terdapatnya perubahan pada struktur gigi dan gusi, diamana terjadinya penipisan lapisan email (lapisan pelindung terluar gigi) dan gusi menurun, yang seringkali disebabkan oleh penyikatan gigi yang terlalu kuat, serta konsumsi makanan/minuman yang mengandung asam secara berlebihan. Umumnya penkderita gigi ini berada pada rentang usia 25-50 tahun.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah perawatan gigi yang bisa anda lakukan untuk menjagga kesehatan gigi anda dan terhindar dari gigi berlubang.

Sikat gigi setelah makan 
Mungkin anda sering dengarb bahwa sebaiknya menyikat gigi sehari dua kali, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Namun ternyata, jika anda ingin terhindar dari gigi berlubang disarankan anda menyikat gigi setidaknya setiap kali sesudah makan. Namun jika anda tidak selalu bisa menyikat gigi setiap setelah makan, setidaknya berkumur dengan menggunakan air untuk menghilangkan sisa makan dhari mulut.

Bersihkan gigi dengan berkumur 
Selain menyikat gigi, berkumurlah denagn menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur hampir cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah pentingnya dengan menyikat gigi. Plak menghasilkan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang, yang jika dibiarkan dapat mengganggu gusi. Akhirnya, tidak hanya gigi yang bermasalah, tapi juga gusi anda. Dengan berkumur, maka bagian mulut yang tidak tercapai oleh sikat gigi dapat dibersihkan.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida 
Gigi anda memerlukan plerlindungan dari bagian enamel gigi, lapisan kjeras terluar gigi. Fluorida dapat melindungi gigi anda dari senyawa asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dengan menjegah bakteri pada plak gigi yang memproduksi zat asam ini. Fluoride juga bisa meningkatkan perbaikan lapisan enamel sehingga memperkokoh pertahan enamel. Namun untuk anak anak sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda. Berapakah batas aman anak menggunakan pasta gigi berfluorida,karena jika berlebihan fluoride juga tidak baik untuk kesehatan anak anda.

Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter
Melakukan pemeriksaan rutin bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari gigi berlubang dan sebagai langkah perawatan gigi yang baik. Karena dengan begitu, jika terjadi sesuatu dengan gigi anda, akan lebih mudah terdeteksi lebih awal. Jika kondisi gigi menunjukan bahwa gigi rentan berlubang, dokter memberikan perlindunag lebih kepada gigi anda berupa sealant. Sealant adalah jaket pelindung gigi yang dapat melindungi enamel gigi dari zat asam dan plak yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Hindari makanan penyebab gigi berlubang 

Melakukan beberapa langkah perawatan gigi diatas tidak cukup jika anda tidak menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Misalnya makanan manis dan makanan yang dapt menempel dicelah gigi anda (permen, kue, keripik). Karena ketika anda mengkonsumsi makanan atau minuman selain air, hasilnya bakteri di dalam mulut akan memproduksi asam yang dapat merusak enamel gigi anda. Selain menghindari makanan pemicu gigi anda berlubang, konsumlsilah makan yang baik untuk kesehatan gigi anda. Seperti sayuran, buah, kopi tanpa gula, dan the. Anda juga bisa mengganti permen kesukaan anda dengan permen karet yang dapat membantu dalam membersihkan sisa partikel makanan dari dalam mulut.

Perawatan gigi tidak harus ditunggu hingga gigi mengalami kerusakan, atau bahkan hingga menggangu kenikmatan saat makan. Mulailah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda demgan rutin melakukan perawatan gigi diatas. Selain itu, hindari makanan yang dapat merusak kesehatan gigi. Karena tidak hanya bisa menggangu gigi anda, tapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh anda.
Dari beberapa penjelasan diatas semoga, cara merawat gigi paling ampuh hindari gigi berlubang, bisa menjadi manfaat untuk anda dan lebih efektif dalam merawat kesehatan gigi anda.